Print Friendly and PDF
16.34
KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN UPTD PUSKESMAS CIKONENG
JULI 2017


Oleh : Indri Afriyani, S.KM

Promosi Kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui proses pembelajaran dari-oleh-untuk dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat, sesuai dengan kondisi social budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Menolong diri sendiri artinya bahwa masyarakat mampu berperilaku mencegah timbulnya masalah-masalah dan gangguan kesehatan, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan serta mampu pula berperilaku mengatasi apabila masalah gangguan kesehatan tersebut terlanjur terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.
Penyebab utama masalah kesehatan adalah rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat seperti kesadaran akan buang air besar yang belum benar (tidak di jamban), cuci tangan pakai sabun masih sangat terbatas, minum air yang tidak sehat, dan lain-lain. Promosi kesehatan bukan hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan saja, tetapi juga disertai upaya-upaya menfasilitasi perubahan perilaku. Dengan demikian promosi kesehatan adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan) baik di dalam masyarakat sendiri maupun dalam organisasi dan lingkungannya (lingkungan fisik, sosial budaya, politik dan sebagainya). Atau dengan kata lain promosi kesehatan tidak hanya mengaitkan diri pada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku kesehatan saja, tetapi juga meningkatkan atau memperbaiki lingkungan (fisik dan non-fisik) dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat.
Berdasarkan hasil evaluasi Triwulan II tahun 2017 capaian Desa Siaga aktif di UPTD Puskesmas Cikoneng diperoleh hasil 0% Desa Siaga Aktif Pratama, 11,1% Desa Siaga Aktif Madya, 44,4% Desa Siaga Aktif Purnama, 44,4% Desa Siaga Aktif Mandiri. Strata Desa Siaga Aktif mandiri sudah mencapai 44,4% dari target 15%, salah satunya karena banyak Desa Siaga Aktif yang Kepengurusan forumnya sebagai penggerak sudah aktif maksimal. Capaian strata posyandu Triwulan II tahun 2017 di UPTD Puskesmas Cikoneng diperoleh hasil 0 % posyandu Pratama, 8,62posyandu Madya, 60,34% posyandu Purnama, 31,03% posyandu Mandiri. Masih belum tercapainya target posyandu 55% salah satunya karena masih banyak sasaran balita yang sudah sekolah tidak berkunjung lagi ke posyandu.
Berbagai upaya kegiatan promosi kesehatan UPTD Puskesmas Cikoneng adalah pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan strategi Advokasi kesehatan, menggalang kemitraan dan membina suasana yang kondusif bagi terwujudnya prilaku hidup sehat di masyarakat, serta menggerakan masyarakat untuk sehat.
Berikut ini kegiatan Bulan JULI Tahun 2017 Promosi Kesehatan UPTD Puskesmas Cikoneng :

1.     VIDEO MENSUKSESKAN IMUNISASI MR, PPOM KECACINGAN & VITAMIN A






2.     GERMAS









3.     POKJA DESA SIAGA








4.     SOIALISASI KIMUNISASI MR, PPOM KECACINGAN, VIT. A



5.     PEMERIKSAAN IVA & PAP SMEAR DALAM RANGKA BULAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS KERJA SAMA DENGAN BPJS KESEHATAN & PRODIA TASIK



6.     MONEV POSYANDU





7.     PENINGKATAN KOMPREHENSIF IMS & HIV/AIDS






1
Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari Subag Program Dinkes Ciamis.Gratis!

Admin adalah Pelaksana Sub Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Terima Kasih atas kesediaan dan waktunya untuk berkunjung serta membaca artikel dan berita dari Situs Kami ini. Salam Sehat Selengkapnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar berbau konten Pornography, SPAM, Sara, Provokasi, Berkomentarlah dengan Sopan, Bijak dan Santun. Terima Kasih