Print Friendly and PDF
01.03
Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarak
at sehat yang mandiri dan berkeadilan.


Berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia bukanlah merupakan hal yang baru atau yang tidak pernah diusahakan pemecahannya baik oleh pemerintah maupun sektor swasta atau organisasi masyarakat madani sebelumnya. Saat ini Kementerian Kesehatan melakukan pendekatan secara komprehensif dengan mempertimbangkan setiap aspek isu kesehatan yang membutuhkan sinergi, komitmen dari berbagai pihak agar dapat mencapai target pembangunan kesehatan.

Pemerintah pusat telah melakukan berbagai program dalam rangka peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama untuk DTPK dan atau DBK melalui penempatan tenaga kesehatan. Namun demikian masih diperlukan suatu model penempatan tenaga kesehatan yang komprehensif melalui pendekatan promotif, preventif dan kuratif.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Kementerian Kesehatan melakukan penempatan tenaga kesehatan berbasis tim (Tim Nusantara Sehat) melalui penugasan khusus, yang diharapkan mampu melaksanakan program secara terintegrasi dan memberikan pelayanan kesehatan secara optimal di tingkat pelayanan dasar terutama di puskesmas sangat terpencil  di DTPK dan DBK, dengan masa tugas selama 2 (dua) tahun.  Penugasan khusus tenaga kesehatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang – Undang No. 36 tahun 2014 pasal  23 ayat (2). “Nusantara Sehat” bertujuan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK disamping menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK.

Peserta program adalah para tenaga profesional kesehatan  yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian, dengan persyaratan usia maksimal 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi dan 30 tahun untuk tenaga kesehatan lainnya serta bersedia mengabdikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan.


Peserta Tim Nusantara Sehat melalui proses seleksi administrasi dan seleksi psikologi (test psikologi, FGD, dan wawancara). Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan berkomunikasi yang baik, memperlihatkan inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, serta berkomitmen terhadap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Tenaga Kesehatan yang dapat mengikuti Penugasan Khusus ini diantaranya :

  1. Dokter
  2. Dokter Gigi
  3. Perawat
  4. Bidan
  5. Tenaga Kesehatan Masyarakat
  6. Tenaga Kesehatan Lingkungan
  7. Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)
  8. Tenaga Gizi
  9. Tenaga Kefarmasian

Persyaratan calon peserta Tim Nusantara Sehat:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal  35 (tiga puluh lima) tahun untuk dokter umum dan dokter gigi dan untuk tenaga kesehatan lainnya usia maksimal  30 (tiga puluh) tahun
  3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri
  4. Status belum menikah bersedia untuk tidak menikah selama  6 bulan dalam masa penugasan
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Bebas narkoba
  7. Berkelakuan Baik
  8. Wajib Memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima)
  9. Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan
Pola Penempatan Tim Nusantara Sehat :

  1. Penempatan tenaga kesehatan di puskesmas harus merupakan satu tim minimal 5 (lima) sampai 9 (sembilan) jenis tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian) yang disesuaikan dengan pemetaan (mapping) ketenagaan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam formasi Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat.
  2. Masa penempatan tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim(team based) Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat adalah 2 (dua) tahun.
  3. Pemerintah daerah dapat memberdayakan tenaga kesehatan pasca penugasan khusus berbasis tim (team based) Dalam Mendukung Program Nusantara Sehat berdasarkan kompetensi, standar ketenagaan, dan kebutuhan daerah sehingga tercapai kemandirian pemenuhan tenaga kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pendaftaran Online Tim Nusantara Sehat Periode 1 Tahun 2017 mulai dilaksanakan Tanggal 19 Desember 2016. Informasi lebih lanjut dapatkan disini. Pendaftaran dilakukan melalui website http://nusantarasehat.kemkes.go.id.
Ayo segera daftarkan diri anda… Saatnya berbakti dan Mengabdi untuk bangsa Indonesia..

SUMBER : http://www.infokesonline.com/dibuka-lowongan-tenaga-kesehatan-nusantara-sehat-2017/
Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari Subag Program Dinkes Ciamis.Gratis!

Admin adalah Pelaksana Sub Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Terima Kasih atas kesediaan dan waktunya untuk berkunjung serta membaca artikel dan berita dari Situs Kami ini. Salam Sehat Selengkapnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar berbau konten Pornography, SPAM, Sara, Provokasi, Berkomentarlah dengan Sopan, Bijak dan Santun. Terima Kasih