Print Friendly and PDF
15.56
Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, setiap instansi pemerintah wajib menyusun jumlah kebutuhan dan jenis jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja dalam sebuah peta jabatan. Peta Jabatan ini akan menghasilkan jabatan pelaksana dan jabatan fungsional. Menyambut pelaksanaan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah terhitung mulai awal tahun 2017 banyak terjadi perubahan yang signifikan pada Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Perangkat Daerah adalah unsur pembantu Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah. Dalam tulisan ini perangkat daerah yang dibahas berkaitan dengan kesehatan yaitu Dinas Kesehatan.

Keberhasilan Dinas Kesehatan sebagai pelaksana tugas dan fungsi Kepala Daerah dalam bidang kesehatan tak lepas dari keberadaan staf pendukung yang tak lain adalah para Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai jabatan pelaksana dan jabatan fungsional. Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional ini sangat diperlukan untuk pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan. Jabatan Pelaksana dan Jabatan fungsional ini lahir berdasarkan tugas dan fungsi yang ada pada Dinas Kesehatan. 

Kualifikasi jabatan fungsional pada Dinas Kesehatan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
Tugas dan fungsi pada Dinas Kesehatan terbagi dalam 3 Tipe yaitu :
1.     Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Tipe A.
2.     Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Tipe B.
3.     Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Tipe C.

Berdasarkan tugas dan fungsi yang ada, Struktur organisasi Dinas Kesehatan juga dikelompokkan menurut Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Struktur tersebut dapat anda unduh disini.

Setian PNS di lingkungan Dinas Kesehatan terdiri dari jabatan Struktural, jabatan pelaksana, dan jabatan fungsional. Pengangkatan PNS ke dalam jabatan struktural (jabatan pimpinan tinggi, dan administrasi) kesehatan dilakukan setelah memenuhi persyaratan dan standar kompetensi jabatan yang akan dijabat melalui proses rekruitmen dan seleksi sesuai peraturan perundang-undangan. Jabatan pelaksana  dan jabatan fungsional rumpun non kesehatan yang terdapat pada Dinas Kesehatan adalah :


Sementara jabatan pelaksana dan jabatan fungsional rumpun kesehatan yang terdapat pada Dinas Kesehatan adalah :

Bidang Kesehatan masyarakat
    
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Bidang Pelayanan Kesehatan

Bidang Sumber Daya Kesehatan

Analisa jabatan berdasarkan tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah bersifat dinamis, sesuai dengan kondisi daerah dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mari kita bersama-sama mempersiapkan diri untuk menyambut tahun 2017, lengkapi bahan dan persyaratan jabatan fungsional kesehatan sesuai dengan kompetensi masing-masing.
Sumber :
1.     UU Nomor 5 Tahun 2014.
2.     PP Nomor 18 Tahun 2016.
3.     Permenkes Nomor 49 Tahun 2016.


Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari Subag Program Dinkes Ciamis.Gratis!

Admin adalah Pelaksana Sub Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Terima Kasih atas kesediaan dan waktunya untuk berkunjung serta membaca artikel dan berita dari Situs Kami ini. Salam Sehat Selengkapnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar berbau konten Pornography, SPAM, Sara, Provokasi, Berkomentarlah dengan Sopan, Bijak dan Santun. Terima Kasih